Jumat, 01 Mei 2015

Minuman khas sunda

Es cendol



 
            Cendol merupakan minuman khas Sunda yang terbuat dari tepung beras, disajikan dengan es parut serta gula merah cair dan santan. Rasa minuman ini manis dan gurih. Di daerah sunda minuman ini dikenal dengan nama cendol sedangkan di Jawa Tengah dikenal dengan nama es dawet. Berkembang kepercayaan populer dalam masyarakat Indonesia bahwa istilah "cendol" mungkin sekali berasal dari kata "jendol", yang ditemukan dalam bahasa Sunda, Jawa, dan Indonesia; hal ini merujuk sensasi jendolan yang dirasakan ketika butiran cendol melalui mulut kala meminum es cendol.
Tepung beras diolah dengan diberi pewarna hijau dan dicetak melalui saringan  khusus, sehingga berbentuk buliran. Pewarna yang digunakan awalnya adalah pewarna alami dari daun pandan, namun saat ini telah digunakan pewarna makanan buatan. Di sunda cendol dibuat dengan cara mengayak kukusan tepung beras yang diwarnai dengandaun suji dengan ayakan sehingga diperoleh bentuk bulat lonjong   





Bandrek



         Bandrék adalah minuman tradisional orang Sunda dari Indonesia yang dikonsumsi untuk meningkatkan kehangatan tubuh. Minuman ini biasanya dihidangkan pada cuaca dingin, seperti di kala hujan ataupun malam hari. Bahan dasar bandrék yang paling penting adalah jahe dan gula merah, tetapi pada daerah tertentu biasanya menambahkan rempah-rempah tersendiri untuk memperkuat efek hangat yang diberikan bandrék, seperti serai, merica, pandan, telur ayam kampung, dan sebagainya. Susu juga dapat ditambahkan tergantung dari selera penyajian. Banyak orang Indonesia percaya bahwa bandrék dapat menyembuhkan berbagai penyakit ringan seperti Sakit tenggorokan, batuk dan lain sebagainya. Di Bandung, biasanya penjual menambahkan sejumput kerukan kepala untuk menambah cita rasa dari Bandrek tersebut. Bandrek biasa dikonsumsi bersama kacang rebus, ubi jalar rebus, dan juga gorengan
         Seiring dengan perkembangan zaman, bandrek banyak dijual dalam bentuk instan, tujuannya agar bisa dinikmati dimanapun dan kapanpun, tetapi rasanya sedikit berbeda dengan bandrek yang asli. Di Bandung dan sekitarnya, masih banyak pedagang yang menjual bandrek asli, biasanya dijajakan bersama bajigur.
g lancip di ujungnya. Di Sunda, minum cendol disebut 'nyendol'.
Minuman ini biasanya disajikan sebagai pencuci mulut atau sebagai makanan selingan. Sesuai disajikan disiang hari.


ES GOYOBOD

            Di Bandung Es Goyobod ini biasanya banyak ditemui di pinggir-pinggir jalan atau dijual secara berkeliling. Jumlah penjualnya sendiri lumayan banyak sehingga Anda tak akan kesulitan untuk mendapatkannya. Namun kalau Anda ingin mendapatkan Es Goyobod yang fixed dalam arti penjualnya mangkal di suatu tempat maka harus mencoba menuju ke kawasan Jalan Kiliningan di Buah Batu Bandung. Di kawasan ini Anda akan menemukan sederetan gerobak yang menjajakan makanan yang mana salah satunya Es Goyobod.
Di gerobaknya tertulis GOKIL dengan huruf yang mencolok. Tahukah Anda artinya? GOKIL itu ialah kependekan dari Goyobod Kiliningan. Keberadaannya sendiri memang belum terlalu lama di kawasan Jalan Kiliningan ini dibandingkan dengan penjual makanan/ minuman yang lain. Namun kemunculannya telah banyak menyedot minat masyarakat untuk menjajalnya. Ada banyak alasan untuk menjelaskan terkait soal rasa, keunikan dan juga posisinya yang sangat strategis karena berdekatan dengan beberapa sekolah.
Kawasan inipun kemudian menjadi semacam food court kecil seiring dengan makin dikenalnya Es Goyobod Kilingan ini. Bak semut yang mengerubungi gula, kawasan inipun kemudian dibanjiri oleh sejumlah pedagang lainnya seperti timbel ayam, risoles, batagor siomay, cireng isi dan lainnya. Es Goyobod sendiri ialah mirip dengan es campur dengan bahan utamanya hunkue, peuyeum atau tape singkong, kolang-kaling, nangka, dan lainnya. Dicampurkan juga santan kental yang kemudian ditutup  dengan serutan es susu kental maniS.


Cincau



            Cincau adalah serupa agar-agar  yang diperoleh dari perendaman daun (atau organ lain) tumbuhan tertentu dalam air. Gel terbentuk karena daun tumbuhan tersebut mengandung Karbohidrat yang mampu mengikat molekul-molekul air.
Kata "cincau" sendiri berasal dari dialek Hokkian sienchau  yang lazim dilafalkan di kalangan Tionghoa  di Asia Tenggara. Cincau sendiri di bahasa asalnya sebenarnya adalah nama tumbuhan yang menjadi bahan pembuatan gel ini.
        Cincau paling banyak digunakan sebagai komponen utama minuman penyegar (misalnya dalam es cincau atau es campur)
 

Es lilin



            Es lilin adalah makanan penyegar berupa es dengan batang kayu sebagai alat untuk dipegang. Makanan ini dibuat dari cairan minuman berwarna dan berasa (seperti jus jeruk, nangka, durian, stroberi dan kopyor atau yang lainnya sesuai selera) yang diberi batang kayu lalu dibekukan.
Ketika membeku, es loli dimakan dengan memegang stik kayu.




11 komentar:

  1. segerrrr dan menyehatkan
    ikuti juga epirahmawati.blogspot.com jangan lupa partisipasi komentar nyaaaa.

    BalasHapus
  2. Epi+winarti@pastinya seger banget donggg

    BalasHapus
  3. linda@apanya yang berhasiat ?

    BalasHapus
  4. tetapi sekarang jarang banget minuman seperti itu

    BalasHapus
  5. wow ternyata bnyak sekali yah mkanan khas sunda, trimakasih yh infonya

    BalasHapus
  6. kalo siang" panas cendol jawaranya,kalo malem" dingin luarbiasa bandrek sama bajigur ahlinya,,,,kalo makananya? mau siang,sore atau malem Ayam Dadar Bandung deh dewanya :)

    BalasHapus