Kamis, 14 Mei 2015

Bandrek Hangat

Bandrek


              Bandrék adalah minuman tradisional orang Sunda dari Jawa Barat, Indonesia, yang dikonsumsi untuk meningkatkan kehangatan tubuh. Minuman ini biasanya dihidangkan pada cuaca dingin, seperti di kala hujan ataupun malam hari. Bahan dasar bandrék yang paling penting adalah jahe dan gula merah, tetapi pada daerah tertentu biasanya menambahkan rempah-rempah tersendiri untuk memperkuat efek hangat yang diberikan bandrék, seperti serai, merica, pandan, telur ayam kampung, dan sebagainya. Susu juga dapat ditambahkan tergantung dari selera penyajian. Banyak orang Indonesia percaya bahwa bandrék dapat menyembuhkan berbagai penyakit ringan seperti sakit tenggorokan, batuk, dan lain sebagainya. Di Bandung, biasanya penjual menambahkan sejumput kerukan kelapa untuk menambah cita rasa dari Bandrek tersebut. Bandrek biasa dikonsumsi bersama kacang rebus, ubi jalar rebus, dan juga gorengan.


         Bandrek. Ya, minuman yang satu ini terkenal sebagai minuman tradisional khas masyarakat suku Sunda yang berada di wilayah Priangan, Jawa Barat, Indonesia. Minuman yang cocok dikonsumsi saat hangat ini sering dihidangkan pada saat cuaca dingin seperti saat hujan, malam hari, ataupun di kantor dan tempat kerja yang sering menggunakan AC. Minuman Bandrek memberikan efek hangat saat melewati tenggorokan dan tubuh pun berasa lebih hangat setelahnya.
Minuman ini berbahan dasar utama jahe (ginger / Zingiber Officinale Roxb) dan gula merah ( palm sugar / Arenga Pinnata, Merr) dan di berbagai daerah sering ditambahkan rempah-rempah yang menguatkan efek hangat seperti serai, dan merica. Bahkan telur ayam kampung dan susu pun dapat ditambahkan sesuai selera.
BandrekPenjual bandrek tradisional menambahkan pula serutan kelapa sebagai penambah citarasa minuman hangat ini dan sebagai tambahan minuman ini sering dinikmati beserta penganan tradisional seperti kacang rebus, ubi jalar, singkong rebus dan aneka gorengan seperti  comro dan bakwan.
Perubahan zaman, modernisasi, dan kemajuan teknologi ternyata membawa dampak juga terhadap perkembangan minuman bandrek. Proses pembuatan yang lebih modern dan higienis, kemasan yang praktis dan instan membawa pergeseran cara menikmati minuman tradisional ini. Kapan pun, dimana pun seperti iklan salah satu minuman berkarbonasi memungkinkan bandrek dihidangkan dan dinikmati. Bandrek hanjuang sebagai salah satu merek produk minuman tradisional khas priangan merupakan salah satu pilihan yang patut Anda coba untuk merasakan minuman ini. Tentunya citarasa bandrek ini berbeda dengan yang dijajakan oleh para penjual keliling


Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Bandrek
                

Tidak ada komentar:

Posting Komentar